Selasa, 31 Maret 2015

Travel Wisata di Garut ~ Gunung Papandayan.


Travel Wisata di Garut ~  Gunung Papandayan
info lokasi wisata
Kawasan Lokasi Gunung Papandayan

Salah satu lokasi travel wisata di Garut yang wajib dikunjungi bagi anda yang hobi mendaki gunung adalah Gunung Papandayan, Mendaki Gunung Papandayan memiliki keistimewaan tersendiri, Gunung Papandayan  terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut. Gunung Papandayan memiliki beberapa kawah, yang pertama adalah Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Setiap kawah mengeluarkan asap dengan karakteristik masing-masing, Lubang kawah juga terkadang menimbulkan suara seperti letupan atau dentuman kecil.
Kawah – kawah tersebut memberi keindahan saat melakukan pendakian, medan terjal dan tebing yang ada di Gunung Papandayan tidak menjadi hambatan bagi para pendaki untuk mendaki Gunung Papandayan. Untuk sampai dipuncak Gunung Papandayan tidak perlu menempuh waktu yang begitu lama. Bila anda menggunakan angkutan umum maka di bawah kaki gunung ada jasa angkutan mobil bak terbuka yang akan mengantarkan anda ke pos loket pemberhentian diatas atau bila akan berjalan kaki diperlukan waktu sekitar 5 jam untuk saya sampai keatas.
Selain kawah yang ada di Gunung Papandayan salah satu yang menjadi daya tarik lain adalah Hutan mati yang berada di Gunung Papandayan, banyak pendaki yang ingin mengabadikan momen mereka di hutan mati tersebut, namun  tidak diperbolehkan di singgahi karena berbahaya.
Yang menarik dari Gunung Papandayan juga memiliki taman bunga Edelweis yang dikenal sebagai bunga abadi, akan tetapi  pendaki tidak diizinkan  mengambil bunga tersebut untuk menjaga kelestariannya alam sekitar Papandayan.
Tidak perlu khawatir kehabisan perbekalan saat mendaki Gunung Papandayan karena di Pondok Saladah tempat pendaki menginap (camping) terdapat warung yang menyediakan kopi,air mineral,dan makanan instant lainnya. Keramahan warga sekitar juga memberi kenyamanan tersendiri untuk para pendaki, dikala pendaki mengalami kesulitan saat perjalanan mereka selalu memberikan bantuan.
Transportasi menuju Pos pertama pun tidak sulit, jika anda membawa kendaraan pribadi pastikan kendaraan anda dalam keadaan baik karena jalan menanjak dan berlubang terkadang  akan kita temukan. Jika anda menggunakan kendaraan umum pertama anda harus sampai ke Desa Cisurupan dari sana anda akan menemukan kendaraan bak terbuka yang akan membawa anda sampai di Pos Pendakian Gunung Papandayan dengan membayar jasa ongkos sekitar tiga puluh ribu rupiah atau bila anda akan memeutukan berjalan kaki maka pesiapan fisik diperlukan, butuh waktu sekitar 4 sampai 5 jam saat saya memcoba berjalan kaki menuju pos pertama diatas.
Pendaki diwajibkan meregistrasikan diri atau kelompok juga membayar tiket di Pos Pertama, hal ini wajib dilakukan setiap pendaki yang akan mendaki Gunung Papandayan untuk mengatisipasi hal terburuk yang terjadi saat pendakian, Setiap pendaki juga harus berhati-hati saat melakukan pendakian atau saat berkemah di Pondok Saladah karena cuaca tidak bisa diprediksi karena hujan,kabut dan kabut jenuh turun secara tiba-tiba.
Kawasan Gunung Papandayan juga memiliki sumber air panas alami, Sumber Air Panas ini terletak di Pos Utama Gunung Papandayan, setelah melakukan pendakian pendaki bisa melakukan relaksasi, selain itu sumber air panas ini diyakini akan menyembuhkan berbagai penyakit yang ada. Gunung Papandayan adalah kawasan yang memiliki panorama alam yang sangat indah dengan lingkungan yang relatif masih utuh dengan kesejukan udara yang akan memberi kedamaian ketika anda mendaki Gunung Papandayan.
Bila anda ingin info lebih lanjut tentang wisata di Bandung dan  Garut seperti berpetualang mendaki Gunung Papandayan anda bisa menghubungi kami di 0813221 77766, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar