Rabu, 01 April 2015

Info Travel Wisata ~ Caving di Gua Cerme

Info Travel Wisata ~ Caving Di Gua Cerme.

info travel wisata
Lokasi Gua Cerme Jogjakarta

Info travel  wisata Caving Di Gua Cerme akan melengkapi wisata anda saat berkunjung ke Jogjakarta, Gua yang indah ini terletak di Desa Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul atau sekitar 20 km selatan Jogjakarta.  Untuk sampai di  Gua Cerme kita dapat menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat,dengan menempuh waktu 60 menit dari kota Jogjakarta,dan tidak perlu khawatir karena jalan yang dilaluipun sudah bagus.
Masuk ke Gua Cerme pengunjung harus membayar tiket sebesar Sepuluh Rupiah per orang, pengunjung diwajibkan menggunakan pemandu caving karena mereka dapat membantu kita menempuh medan yang ada didalam gua dan juga membantu kita supaya tidak tersesat,untuk pemandu sendiri kita diharuskan membayar Lima Puluh Ribu Rupiah,uang tersebut sudah termasuk headlamp untuk penerangan.
Caving di Gua Cerme kurang lebih memakan waktu sekitar 60 menit, gua tersebut memiliki panjang 1,5 km yang tembus hingga sendang di wilayah Panggang, Gunung Kidul. Pengunjung bisa kembali ke pintu utama melalui Gua Cerme atau berjalan memutar dari wilayah Panggang untuk kembali ke pintu utama.
Ketika memasuki Gua kita akan melewati tangga setinggi 759 m dengan 750 anak tangga,disinilah kita mulai merasakan keindahan ciptaan Allah, kita akan melihat stalagtit dan stalagmit, canopy, gourdam, dan flowstone yang sangat indah. selain itu Gua Cerme memiliki sungai bawah tanah dengan kedalaman 1 hingga 1,5 meter juga mata air alami yang mengandung mineral yang sangat tinggi, ketika caving pengunjung dapat meminum air didalam gua secara langsung.
Gua Cerme juga memiliki ruangan dan Gua kecil yang diberi nama seperti panggung pertemuan, air zam zam, mustoko, air suci, watu kaji, pelungguhan/paseban, kahyangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan, batu gilang, lumbung padi, gedung sekakap, kraton, panggung, goa lawa dan watu gantung. Ruangan tersebut dipercaya masyarakat sebagai tempat Walisongo untuk menyebarkan islam di Jawa dan tempat untuk membicarakan pembangunan Mesjid Demak, Kepercayaan masyarakat terhadap sejarah Gua tersebut membawa mereka untuk melakukan meditasi atau pertapaan di Gua.
Konon nama Cerme diberikan karena Walisongo sering memberikan ceramah, dan Masyarakat sekitar juga sering melakukan upacara di hari Senin atau Selasa wage, sebagai ungkapan syukur kepada Allah.
Tips Ketika melakukan Caving :
-    Tidak ada cahaya matahari yang masuk pengunjung wajib menggunakan headlamp atau senter.
-    Kita harus berhati-hati saat melakukan caving karena medan yang lumayan sulit juga batuan yang tajam akan kita temui.
-    Membawa baju ganti, sebab  air yang lumayan tinggi akan membuat basah.
-    Menggunakan sandal atau sepatu yang dapat melindungi kaki anda seperti sandal / sepatu gunung.
-    Menjaga perilaku dan tatakrama seperti tidak terlalu berisik atau membuang air didalam gua karena akan merusak kelestarian gua tersebut.
Bila anda memerlukan informasi travel wisata lebih lengkap bersama keluarga  maka jangan ragu untuk segera menghubungi kami.

0 komentar:

Posting Komentar